Kamis, 23 Mei 2013

Fotosintesis


Bagaimana Tumbuhan Memproduksi Makanan Sendiri?

Tumbuhan hijau adalah satu-satunya mahluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri (autotrof). Dibandingkan dengan hewan dan manusia, tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri yang disimpan di dalam tubuhnya sebagai cadangan makanan, untuk proses pertumbuhan dan perkembangan serta sebagai sumber makanan bagi hewan dan manusia yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri.
Proses pembentukan makanan sendiri oleh tumbuhan hijau disebut dengan fotosintesis Fotosintesis merupakan suatu proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan menggunakan cahaya matahari, air, dan karbon dioksida. Melalui proses fotosintesis tumbuhan mampu mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organik. Fotosintesis tumbuhan hijau terjadi pada daun yang mengandung klorofil atau biasa disebut dengan zat hijau daun. Bagian daun tempat terjadinya fotosintesis adalah pada jaringan tiang (jaringan palisade) dan bunga karang (jaringan spons).
Tempat berlangsungnya fotosintesis secara jelas dapat dilihat pada gambar penampang daun berikut.
Lalu, bagaimana proses fotosintesis tumbuah tersebut? Seperti disebutkan di atas bahwa dalam proses fotosintesis dibutuhkan cahaya matahari, air dan karbondioksida. Cahaya matahari ditangkap oleh klorofil yang terdapat pada daun. Karbondioksida (CO2) yang berasal dari udara masuk ke dalam daun melalui stomata. Air didapatkan oleh tumbuhan dari dalam tanah yang diserap oleh akar dan diangkut ke batang dan daun melalui jaringan xylem. Molekul air dipecah oleh energi cahaya matahari menjadi oksigen dan hidrogen. Molekul hidrogen bergabung dengan molekul CO2 membentuk glukosa. Oksigen dilepaskan ke udara, dan glukosa diedarkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Glukosa digunakan untuk aktivitas kehidupan tumbuhan. Sebagian glukosa diubah menjadi amilum dan disimpan di akar, batang, biji atau buah sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan ini biasa digunakan oleh manusia dan hewan sebagai sumber makanan.
Secara garis besar, rumus kimia proses fotosintesis adalah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar